Welcome to Official Website Regency of Nagan Raya Thanks For Your Visit

Indeks Berita

Tingkat Kehadiran ASN Pemko Banda Aceh Capai 99,6 Persen

Kamis, 21 Juni 2018

Humas Aceh | 21 Juni 2018

Banda Aceh – Tingkat kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh pada Senin (21/6/2018) -hari pertama masuk kerja pasca cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1439 H- mencapai 99,6 persen.

Kabag Humas Setdako Banda Aceh T Taufik Mauliansyah menyebutkan berdasarkan data dari pihak Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Banda Aceh, dari total 3.649 ASN baik yang PNS maupun Non PNS, hanya 15 orang yang alpa.

Menurutnya, selain 15 orang yang tak masuk kerja tanpa keterangan yang sah, ada 16 pegawai yang sakit dan 35 lain sedang dalam masa cuti, izin, dan tugas belajar. “Memang pegawai tidak dibenarkan mengajukan izin atau cuti tambahan pada hari ini kecuali untuk hal-hal yang urgent seperti musibah atau kemalangan.”

“Kepada mereka yang alpa, sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan akan diberikan sanksi administratif berupa pemotongan gaji atau TPK hingga 75 persen bahkan penundaan kenaikan gaji berkala dan pangkat,” kata Taufik.

Ia menambahkan, pagi tadi usai memimpin apel bersama di halaman balai kota, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman bersama wakilnya Zainal Arifin dan Sekda Bahagia juga melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah SKPK.

Alhamdulillah ada beberapa SKPK termasuk yang disidak langsung oleh Pak Wali tingkat kehadiran pegawainya mencapai 100 persen,” katanya seraya mengatakan tahun ini pihaknya menurunkan sembilan tim untuk mengecek kehadiran pegawai di seluruh SKPK di lingkungan Pemko Banda Aceh.

“Tadi Pak Wali Kota berkunjung ke Disdukcapil, DPMPTSP, RSUD Meuraxa, dan beberapa unit kerja lainnya. Sesuai instruksi beliau, kita ingin memastikan pelayanan publik di Banda Aceh tidak terganggu pada hari pertama masuk kerja pasca lebaran tahun ini,” pungkasnya.

The post Tingkat Kehadiran ASN Pemko Banda Aceh Capai 99,6 Persen appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

Silaturahmi ke Dinas-dinas, Wagub Minta Tingkatkan Profesionalisme dan Etos Kerja

Kamis, 21 Juni 2018

Humas Aceh | 21 Juni 2018

Banda Aceh – Hadir tepat waktu usai cuti bersama adalah sikap profesional Aparatur Sipil Negara yang memiliki etos kerja, dan bentuk dari tanggungjawab terhadap pekerjaan dalam upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah melakukan inspeksi mendadak ke beberapa dinas untuk mengecek kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) pada hari perdana usai cuti lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriah, Kamis, 21 Juni 2018.

Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah, saat bersilaturrahmi ke sejumlah Dinas di jajaran Pemerintah Aceh, Kamis (21/6/2018).

“Kita menitikberatkan pada etos kerja, karena ini merupakan komitmen kita selaku Aparatur Sipil Negara. Harus berkomitmen sesuai sistim yang berlaku. Tidak harus menjadi rajin, cukup ikuti saja aturan yang berlaku,” ujar Wagub.

Didampingi Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Rahmad Raden, Wagub bersilaturrahmi ke Dinas Pengairan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Lingkungan Hidup, dan Kehutanan dan Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk.

Tiba di masing-masing dinas, Wagub disambut langsung oleh para Kepala Dinas.

Wagub juga mengecek kehadiran para ASN di hari pertama masuk kerja pasca libur dan cuti bersama lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah. Meski ada beberapa dinas yang mencatatkan kehadiran 100 persen, namun Wagub tidak dapat menyembunyikan kekecewaannya terhadap sejumlah pegawai kontrak yang tidak hadir.

“Seharusnya non PNS tidak boleh tidak masuk, sesuai Surat Edaran Gubernur jika tidak ada alasan, maka harus mendapatkan sanksi. Sekali lagi saya sesalkan non PNS yang hari ini tidak hadir dan tidak ada kabar.”

Nova menegaskan, evaluasi tidak semata dilakukan kepada pegawai kontrak, para ASN juga tidak luput dari evaluasi. “Tanpa kesalahan saja akan kita evaluasi apalagi yang membuat kesalahan. Evaluasi langkah penting untuk meningkatkan profesionalisme dan etos kerja. Saya akan usulkan ke Gubernur untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh,” kata Nova.

Dari hasil kunjungan tersebut, Dinas Pengairan dan Dinas Tenaga Kerja dan Mobilitas Penduduk seluruh pegawainya, baik ASN dan tenaga kontrak hadir 100 persen. Sedangkan di Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, tercatat 8 orang ASN tidak hadir, 3 diantaranya tanpa keterangan, sementara itu tenaga kontrak yang tidak hadir sebanyak 6 orang.

Sementara itu, di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, ASN yang tidak hadir sebanyak 2 orang. Tenaga kontrak yang tidak hadir sebanyak 7 orang, 5 diantaranya tanpa keterangan, dan 2 orang sakit. Di Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, tenaga kontrak hadir 100 persen. Seorang ASN tidak hadir karena cuti, sedangkan 2 orang ASN tidak hadir tanpa keterangan.

Tidak hanya Wakil Gubernur, Sekretaris Daerah Aceh Dermawan, dan Asisten III, Bidang Administrasi Umum, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan, Staff Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Staff Ahli Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan, Staff Ahli Bidang Keistimewaan Aceh, Sumber Daya manusia dan Hubungan Kerjasama serta Inspektur Aceh, juga melakukan kunjungan silaturrahmi ke sejumlah SKPA.

Dari seluruh dinas yang dikunjungi, dilaporkan bahwa seluruh pegawai hadir di hari pertama aktif berkantor. Hanya satu pegawai di Dispora yang dilaporkan berhalangan karena musibah yang menimpa orangtuanya serta satu pegawai Inspektorat yang tengah mengambil cuti melahirkan.

The post Silaturahmi ke Dinas-dinas, Wagub Minta Tingkatkan Profesionalisme dan Etos Kerja appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

Pemko Langsa Gelar Apel Bersama dan Halal bi halal

Kamis, 21 Juni 2018

Humas Aceh | 21 Juni 2018

Langsa: Walikota Langsa Usman Abdullah, SE memimpin apel bersama dalam rangka halal bi halal, kamis (21/6) bertempat di Pendopo Walikota Langsa.

Apel bersama turut hadir  Dandim 0104/Atim Letkol Inf Muhammad Iqbal Lubis, Kapolres Langsa AKBP Satya Yudha Prakasa SIK, Kepala Kejari Langsa R Ika Haikal SH,MH, Kepala Kankemenag Langsa Drs. H. Faisal Hasan, Ketua Mahkamah Syariah Langsa Drs zakiruddin, Kepala OPD dan para PNS di Lingkungan Pemerintah Kota Langsa.

Walikota Langsa dalam Amanatnya atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Langsa meminta maaf kepada seluruh pegawai di lingkungan Pemkot Langsa.

“Alhamdulillah hari ini masih dalam suasana lebaran, saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Langsa mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin, mungkin selama saya memimpin banyak kesalahan, atau ada yang saya marah, atas dasar itu saya minta maaf, namun, ini saya lakukan hanya semata untuk kebaikan dan kemajuan Kota Langsa,”ujarnya.

Usman Abdullah menyebutkan, untuk menghasilkan kinerja yang berkualitas dibutuhkan kerja keras dan keikhlasan.

“Sesuatu yang baik dan berkualitas tidak bisa dihasilkan dengan sendirinya, tanpa ada kerja keras, keuletan dan keikhlasan, hari ini saya mengajak mari sama-sama kita bekerja dengan ikhlas,”ungkapnya.

Usman Abdullah juga mengingatkan, Pegawai Negeri Sipil adalah pelayan masyarakat, untuk itu dirinya menghimbau kepada seluruh PNS agar dapat memberikan pelayanan yang baik.

“Kita dibayar dengan uang rakyat, maka kita berikan pelayanan yang baik, saya sering sekali mangatakan bahwa sebenarnya kita adalah kuli, babu, buruh, tapi bahasa halusnya ASN atau PNS yang melayani majikan, siapa majikan kita, majikan kita yaitu rakyat, untuk itu mari kita tunjukkan, kita berikan pelayanan yang baik untuk masyarakat,”tandasnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, di Indonesia Sumber Daya Alam banyak, tapi negeri ini masih banyak rakyatnya yang miskin.

“Sumber Daya Alam sangat melimpah di tempat kita, namun kenapa miskin, bangsa kita ini masih kurang pengabdian dan keikhlasan dalam segala hal, bagaima akan menghasilkan kinerja yang baik kalau tidak ada keikhlasan,”imbuhnya

Dirinya juga menghimbau agar sebagai pelayan masyarakat harus menjadi orang yang responsif, peduli, jika ada pengaduan dari masyarakat harus segera ditindak lanjuti.

“Kepedulian kita itu bukan hanya dalam wilayah tanggung jawab kita saja, namun semua yang memberikan kemaslahatan bagi masyarakat merupakan tanggung jawab kita bersama,”pungkasnya.

Setelah melaksanakan apel, seluruh PNS bersalam-salaman dengan Walikota Langsa beserta unsur Forkopimda lainnya, kemudian dilanjutkan dengan acara ramah tamah.

The post Pemko Langsa Gelar Apel Bersama dan Halal bi halal appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

Hari Pertama Kerja Pasca Idul Fitri, Sekda Aceh Sidak Ke Sejumlah Dinas

Kamis, 21 Juni 2018

Humas Aceh | 21 Juni 2018

Banda Aceh – Sekretaris Daerah Aceh, Drs. Dermawan, MM melakukan inspeksi mendadak pada hari pertama masuk kerja pasca libur idul fitri ke sejumlah dinas di lingkungan Pemerintah Aceh, Kamis (21/6/2018).

Sekretaris Daerah Aceh, Drs. Dermawan, MM melakukan Inspeksi Mendadak ke sejumlah Dinas di hari pertama masuk kerja pasca cuti lebaran Idul fitri, Banda Aceh, Kamis 21 Juni 2018.

Sidak tersebut dilakukan setelah apel bersama di Sekretriat Daerah Aceh dan hahal bi halal di halaman kantor Gubernur Aceh.  Sesuai surat edaran Gubernur Aceh sebelum cuti idul fitri,  seluruh ASN harus kembali masuk kerja pasca cuti lebaran.

Adapun dinas yang disidak Dermawan, yaitu Dinas Syariat Islam Aceh, Dinas Pangan Aceh, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Dinas Energi dan Mineral Aceh dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Aceh.

Turut mendampingi Sekda, Kepala Biro Umum Sekretaris Daerah Aceh, Akmil Husin dan sejumlah pejabat lainnya. Dalam sidak tersebut, Dermawan memeriksa kehadiran para pegawai baik PNS maupun Kontrak di setiap dinas. Dermawan juga mengecek langsung absensi kehadiran disetiap dinas.

Dermawan mengatakan, kehadiran para pegawai di hari pertama masuk kerja pasca cuti idul fitri akan menjadi bahan evaluasi kinerja pegawai. Bagi PNS kata Dermawan, akan diberikan sanksi sesuai dengan ketentuan berlaku, sedangkan bagi pagawai kontrak akan dipertimbangkan ikatan kontraknnya.

Dari lima dinas yang disidak, hanya beberapa pegawai yang tidak hadir karena sakit dan izin belajar dan tanpa keterangan. Semua rekap absensi pegawai disetiap dinas diserahkan ke Biro organisasi Setda Aceh.

The post Hari Pertama Kerja Pasca Idul Fitri, Sekda Aceh Sidak Ke Sejumlah Dinas appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

Pemerintah Aceh Gelar Apel Perdana Pasca Libur Idul Fitri

Kamis, 21 Juni 2018

Humas Aceh | 21 Juni 2018

Banda Aceh – Pemerintah Aceh menggelar apel pagi bersama pada hari pertama dimulainya aktifitas perkantoran pasca libur Idul Fitri di halaman Kantor Gubernur Aceh, Kamis 21 Juni 2018.

Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah memimpin Apel Perdana setelah libur Idul Fitri di Sekretariat Daerah Aceh, Banda Aceh, 21 Juni 2018.

Apel dipimpin Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah dan diikuti Sekda Aceh, Para Asisten, Staf Ahli Gubernur, Kepala Biro dan Kepala SKPA, serta seluruh Alaratur Sipil Negara di lingkup Setda Aceh.

Dalam sambutannya Wagub menyampaikan empat hal yang diminta menjadi perhatian bersama.

Yaitu terkait perencanaan program dan kegiatan, pemberantasan korupsi, kinerja dan disiplin, serta kapasitas sumberdaya aparatur.

Terkait perencanaan program dan kegiatan, Wagub mengatakan semua pihak harus lebih fokus dalam menyusun program dan kegiatan sehingga dampak dari pelaksanaan program dan kegiatan dapat dirasakan secara nyata dan dapat mendorong pertumbuhan sektor riil
perekonomian masyarakat Aceh.

“Untuk itu dalam penyusunan program dan kegiatan, SKPA harus memiliki prioritas dan target yang berpedoman kepada RPJM Aceh 2017-2022,” ujar Wagub.

Wagub juga berharap kepada masing-masing kepala SKPA supaya membuat terobosan dan inovasi serta mensinergikan dengan prioritas pembangunan dan program unggulan Aceh Hebat.

APBA Tahun 2018 ini juga diingatkan harus digunakan dan dimanfaatkan sepenuhnya untuk pembangunan Aceh.

“Saya berharap disamping realisasi dan daya serap anggaran, kita harus melihat juga tingkat kinerja pembangunan sehingga secara statistik mengalami peningkatan pada masing-masing sektor,” kata Wagub.

Sementara terkait pemberantasan korupsi, Wagub mengatakan, status
Aceh saat ini merupakan wilayah pembinaan KPK.

Dengan status ini, maka segala aspek tata kelola pemerintahan, harus diarahkan sedemikian rupa agar upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi bisa terlaksana dengan baik.

Sedangkan terkait permasalahan kinerja dan disiplin Aparatur Sipil Negara, lanjut Wagub, saat ini Pemerintah Aceh telah menetapkan Peraturan Gubernur Aceh Nomor 58 Tahun 2018 tentang Manajemen Kinerja ASN di Lingkungan Pemerintah Aceh.

Untuk penerapan manajemen kinerja, menurut Wagub dibutuhkan dua dokumen penting, yaitu Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja.

“SKPA harus sudah menyelesaikan dua dokumen ini dalam tahun 2018 ini. Kami minta keseriusan para Kepala SKPA menyelesaian dokumen ini, karena dari kedua dokumen tersebut akan menentukan target kinerja masing-masing ASN, sebagai dasar pertimbangan pemberian tambahan penghasilan bagi PNS,” ujar Wagub.

Terakhir, Wagub menjelaskan terkait peningkatan kapasitas dan
profesionalisme Aparatur Sipil Negara.

Wagub mengatakan Pemerintah Aceh bertanggung jawab terhadap kelangsungan penyediaan tenaga-tenaga yang memiliki keahlian di bidang tugas masing-masing agar roda pemerintahan tetap berjalan dengan lancar.

Karena itu masing-masing atasan diwajibkan melakukan pembinaan dan peningkatan kapasitas kepada setiap staf yang berada di bawahnya.

Sedangkan untuk tenaga kontrak, direncanakan akan dilakukan evaluasi. Karena itu diharapkan SKPA agar segera menyusun daftar kebutuhan tenaga kontrak.

“Untuk menindaklanjuti hal tersebut, kami minta Kepala Badan Kegawaian Aceh agar dapat melaksanakan, mengkoordinir dan melaporkan hasilnya kepada kami,” kata Wagub.

The post Pemerintah Aceh Gelar Apel Perdana Pasca Libur Idul Fitri appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

[Video] Ucapan Selamat Idul Fitri 1439 H Dari Gubernur Aceh

Rabu, 13 Juni 2018

Humas Aceh | 13 Juni 2018

Ucapan Selamat Idul Fitri 1439 H Dari Gubernur Aceh

 

The post [Video] Ucapan Selamat Idul Fitri 1439 H Dari Gubernur Aceh appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

Tinjau Penyeberangan Ulee Lheue, Wagub Minta Masyarakat Dilayani Maksimal

Selasa, 12 Juni 2018
Humas Aceh | 12 Juni 2018
Banda Aceh — Wakil Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah MT., meninjau arus mudik dari pelabuhan penyeberangan Ulee Lheue Banda Aceh, Selasa 12 Juni 2018. Dalam tinjauan tersebut, Wagub Nova menanyakan perihal kenyamanan moda transportasi laut pada penumpang yang akan menyeberang dari Banda Aceh ke Sabang.

“Mudah-mudahan semuanya aman. Jika ada keluhan dalam semua pelayanan, tolong disampaikan,” kata Wagub Nova.
Wagub Nova meminta, semua stakeholder berkoordinasi dengan baik, sehingga pelayanan yang diterima masyarakat dapat maksimal.
Hingga H -3 lebaran Idul Fitri, arus mudik dari pelabuhan Ulee Lheue terpantau lancar. Diperkirakan, kepadatan penumpang bakal terjadi paska-lebaran. Di mana, penumpukan penumpang bakal terjadi bukan karena arus mudik, melainkan kunjungan wisatawan yang mengagendakan liburan ke Pulau Sabang.
“Bukan hanya karena mudik, tapi semua pihak harus mengantisipasi kedatangan wisatawan yang akan berkunjung ke Sabang paska-lebaran,” kata Wagub Nova
Untuk melayani pemudik dan wisatawan, ASDP mengoperasikan dua kapal very roro (kapal lambat) dan tiga kapal cepat yang akan melayani rute Ulee Lheue Banda Aceh – Balohan Sabang. Sementara ke Pulo Aceh, ASDP mengoperasikan satu very roro, yaitu KMP Papuyu.
“Normalnya ada 3 trip kapal yang bolak-balik yang akan mengangkut sekitar 600 penumpang. Sampai hari ini belum signifikan dan diperkirakan lebaran nanti diperkirakan bisa 2 kali lipat bertambah penumpang,” kata pihak ASDP, Slamet Riyadi. [Humas-Aceh]

The post Tinjau Penyeberangan Ulee Lheue, Wagub Minta Masyarakat Dilayani Maksimal appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

[Video] Wagub Nova meninjau beberapa lokasi Jelang Lebaran 2018

Selasa, 12 Juni 2018

Humas Aceh | 12 Juni 2018

Wagub Nova meninjau beberapa lokasi Jelang Lebaran 2018

The post [Video] Wagub Nova meninjau beberapa lokasi Jelang Lebaran 2018 appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

Wagub Nova Tinjau Arus Mudik di Terminal Batoh

Selasa, 12 Juni 2018
Banda Aceh – Wakil Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah MT., meninjau arus mudik dari Terminal Tipe A Bathoh Banda Aceh, Senin 11 Juni 2018. Tinjauan tersebut dilakukan jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada hari Jumat mendatang.
Wagub Nova mengatakan, secara umum pelaksanaan mudik tahun 2018 berjalan lancar. Untuk memastikan keamanan perjalanan, para sopir juga dilakukan tes urin guna mengetahui bahwa mereka terbebas dari narkoba. Untuk menghindari penumpukan penumpang, Perum Damri juga menambah armada yang siap mengangkut penumpang ke kampung halaman.
“Antara petugas dengan pengusaha bus kita minta saling berkoordinasi dan pastikan kenyamanan penumpang harus diutamakan,” kata Wagub Nova di Posko layanan mudik komplek terminal Bathoh.
Kepada para penumpang, Wagub Nova meminta agar senantiasa mengingatkan sopir bus, agar tidak ugal-ugalan dalam menyupiri kendaraan. Tujuan dari mudik, kata Nova, adalah silaturrahmi. Karena itu, ia meminta sopir bus berhati-hati dalam perjalanan.
Sementara Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Junaidi, mengatakan dalam pekan ini tren penumpang yang mudik mengalami penurunan.
“Tertinggi adalah pada H-6 lebaran,” kata Junaidi. Hal tersebut terjadi diakibatkan libur panjang yang telah dimulai pada pekan lalu. Namun demikian, pengusaha bus dan Perum Damri menyediakan hingga 50 unit bus yang akan melayani penumpang. Diketahui bahwa seluruh bus terisi penuh.
“Dalam kondisi normal semalam ada 35 bus yang berangkat. Mudik kali ini ada peningkatan hingga 50 unit bus,” kata Junaidi.
Dinas Perhubungan Aceh dilaporkan juga membuka posko-posko layanan mudik di berbagai daerah. Posko gabungan tersebut tersebut tersebar di seluruh Aceh. Di antara petugas yang memberikan layanan di sana adalah RAPI, Orari, Dishub, SAR, Organda, dan Dinas Kesehatan.
Junaidi mengimbau bagi setiap pengendara untuk mengutamakan kesehatan dan keselamatan selama mudik. Para pemudik diminta beristirahat di posko jika kelelahan dalam perjalanan

The post Wagub Nova Tinjau Arus Mudik di Terminal Batoh appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

[Video] Wagub Nova Tinjau kesiapan RSZA jelang Lebaran 2018

Senin, 11 Juni 2018

Humas Aceh | 11 Juni 2018

Wagub Nova Tinjau kesiapan RSZA jelang Lebaran 2018

The post [Video] Wagub Nova Tinjau kesiapan RSZA jelang Lebaran 2018 appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.