Welcome to Official Website Regency of Nagan Raya Thanks For Your Visit

Indeks Berita

Lomba Plah Ulee Leumo Meriahkan Festival Meugang di Peunayong

Senin, 20 Agustus 2018

Humas Aceh |20 Agt 2018 

Banda Aceh – Lomba Plah Ulee Leumo (belah kepala lembu) memeriahkan Festival Meugang yang berlangsung di ruas Jalan HT Daudsyah, Peunayong, Senin (20/8/2018). Lomba unik yang baru pertama kali digelar di Banda Aceh ini sukses menyedot perhatian masyarakat yang tengah berbelanja berbagai kebutuhan meugang.

Dalam lomba plah ulee leumo ini yang dinilai adalah kecepatan peserta dalam menguliti kulit dan membelah kepala Lembu serta memisahkan dagingnya dari tulang. Selain itu, kebersihan daging yang dihasilkan juga menjadi penilaian dari dewan juri.

Ada delapan peserta yang ikut serta, dan rata-rata mereka mampu menyelesaikan tugasnya kurang dari 30 menit saja. Suasana semakin meriah dengan kehadiran Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman yang memborong seluruh daging kepala lembu milik para peserta.

“Ini dagingnya saya borong semuanya plus untuk bumbu Kuah Beulangong-nya. Nanti semua yang ada di sini silahkan menikmatinya bersama-sama,” kata Aminullah yang disambut tepuk tangan para peserta, pedagang daging, dan warga yang hadir. Sebelumnya pihak panitia mengatakan bagi juara 1, 2, dan 3 lomba ini akan mendapat hadiah masing-masing Rp 1 juta, Rp 600 ribu, dan Rp 400 ribu.

Menurut Aminullah, dengan melestarikan tradisi meugang yang telah diwarisi dari generasi ke generasi selama ratusan tahun, akan menguatkan Aceh dalam berbagai hal termasuk sektor pariwisata. “Apalagi meugang ini tak ada di daerah lain, cuma ada di Aceh. Tentu ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.”

Masih menurut Aminullah, meugang juga memiliki beberapa hikmah di antaranya membesarkan hari raya umat Islam. “Jika meugang menyambut Idul Adha untuk menghormati orang yang pergi berhaji, maka meugang menjelang Ramadan untuk menghormati orang yang akan berpuasa,” katanya.

“Selain itu, tradisi meugang juga akan memperkokoh jalinan silaturahmi antar kita semua. Ada ungkapan Aceh ‘sie mak tagun beumeteume rasa’ setiap hari meugang tiba yang menjadi momen kumpul-kumpul keluarga, kenduri anak yatim, hingga kenduri kepada sanak saudara yang sudah meninggal.”

Dan yang tak kalah penting, sambung mantan Dirut Bank Aceh ini, meugang yang dilaksanakan tiga kali dalam setahun tersebut akan turut mendongkrak ekonomi masyarakat. “Bayangkan berapa ekor Sapi dan hewan ternak lain yang dipotong setiap meugang-nya. Tentunya hal itu akan menghidupkan peternak dan pedagang kita,” katanya.

Ia pun berpesan agar warisan budaya endatu ini harus terus dilestarikan. “Ke depan kita sepakat untuk menjadikan Festival Meugang ini sebagai event tahunan, dan akan kita gelar lebih besar lagi. Harapannya festival ini dapat menjadi salah satu daya tarik wisata islami di Banda Aceh di samping Masjid Raya Raya Baiturrahman, zikir akbar, dan wisata ziarah,” pungkasnya.

Prosesi pembukaaan Festival Meugang ditandai dengan pemotongan daging meugang oleh Wali Kota Aminullah. Selain Lomba Plah Ulee Leumo, festival juga dimeriahkan dengan Lomba Masak Kuah Beulangong dan penampilan seni budaya .

The post Lomba Plah Ulee Leumo Meriahkan Festival Meugang di Peunayong appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

Plt Gubernur: Revitalisasi SMA 1 jangan Ganggu Bangunan Bersejarah

Senin, 20 Agustus 2018

Humas Aceh |20 Agt 2018 

Banda Aceh – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengimbau agar revitalisasi dan pembangunan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Jeumpa Puteh, tidak mengganggu bangunan utama yang penuh nilai sejarah.

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan dan Renovasi Gedung Sekolah dan Mushalla SMA Negeri 1 Banda Aceh, Senin 20 Agustus 2018.

Hal tersebut disampaikan oleh pria ya juga merupakan alumni SMAN 1 Jeumpa Puteh itu, dalam sambutannya sesaat sebelum melakukan peletakan batu pertama revitalisasi dan pembangunan mushalla SMAN 1 Jeumpa Puteh Banda Aceh, Senin (20/8/2018).

“Bangunan utamanya adalah bangunan yang harus dilestarikan. Saya berharap revitalisasinya tidak mengganggu bangunan utama yang bersejarah. Ke depan, SMAN 1 bisa kita kembangkan menjadi menjadi sarana untuk mengenang masa lalu yang dapat kita kembangkan menjadi destinasi wisata,” ujar Nova.

Sebagaimana diketahui, bangunan awal SMAN 1 Jeumpa Puteh merupakan peninggalan Belanda yang telah ada sejak tahun 1878. Di masa lalu, gedung ini digunakan sebagai tempat berkumpulnya tokoh-tokoh pemikir Belanda. Sejak 1 September 1946, gedung ini difungsikan sebagai SMA 1 Negeri Banda Aceh, dan kemudian dilengkapi dengan sejumlah ruang kelas di bagian dalam.

Sebagai sekolah tertua di Aceh, SMAN 1 Banda Aceh telah menjadi sekolah favorit dengan segudang prestasi. Salah satu prestasi yang paling membanggakan adalah ketika Direktorat Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan menyatakan SMAN 1 Jeumpa Puteh sebagai salah satu sekolah rujukan dari 614 SMA yang ada di Indonesia, pada tahun 2016 lalu.

“Itu berarti, sekolah ini telah melampaui standar Nasional Pendidikan yang ditetapkan Pemerintah. Saya berharap prestasi ini hendaknya dipertahankan sehingga sekolah ini akan terus menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia,” imbuh Alumni SMAN 1 tahun 1982 itu.

Plt Gubernur mengungkapkan Anggaran pembangunan ulang SMAN 1 telah dianggarkan dalam APBA 2018 dengan total biaya sekitar Rp20 miliar. Anggaran tersebut akan dipergunakan untuk membangun gedung sekolah dan ruang belajar sebanyak 24 kelas baru. Selain itu, ada pula laboratorium, kantor guru, serta berbagai fasilitas pendukung lainnya.

Dalam sambutannya, Plt Gubernur juga berpesan agar anak-anak peserta didik dapat memaklumi sistem belajar mengajar yang harus berubah dan beberap gangguan yang timbul selama proses pembangunan berjalan.

“Percayalah, proses ini berlangsung tidak terlalu lama. Jika selesai, maka situasi belajar akan lebih nyaman karena fasilitasnya lebih lengkap. Dengan kehadiran gedung yang baru, kami yakin sekolah ini mampu mencatatkan prestasi yang lebih baik lagi, sehingga sekolah ini senantiasa dapat membanggakan Pemerintah dan masyarakat Aceh.

Sebagai sekolah tertua di Aceh, Nova mengimbau para alumni dan seluruh masyarakat Aceh untuk turut mendukung kelancaran pembangunan sekolah ini, agar SMAN 1 Banda Aceh semakin siap menyongsong era baru sebagai sekolah yang ramah lingkungan, lengkap dengan fasilitas belajar, serta terbaik dalam manajemen dan proses pendidikan bagi peserta didiknya.

The post Plt Gubernur: Revitalisasi SMA 1 jangan Ganggu Bangunan Bersejarah appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

Aminullah Dukung BUMN Berinvestasi di Banda Aceh

Senin, 20 Agustus 2018

Humas Aceh |20 Agt 2018 

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyatakan dukungannya kepada setiap Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang beroperasi di Banda Aceh untuk terus mengembangkan usahanya demi meningkatnya perekonomian kota.

“Saya juga mengharapkan masyarakat untuk mendukung BUMN yang berinvestasi di Banda Aceh, karena hal itu akan menggerakkan sektor ekonomi kita dengan memberi kesempatan kerja bagi angkatan pencari kerja. Hasil konkret yang kita harapkan tentu semakin berkurangnya angka kemiskinan dan pengangguran di Banda Aceh.”

Hal tersebut diungkapkan Aminullah usai melepas bendera start ”Jalan Sehat untuk Negeri” di Lapangan Blang Padang, Minggu (19/8/2018). Acara yang digelar oleh BNI 46 dan PT Surveyor Indonesia (Persero) itu diikuti ribuan warga dan keluarga karyawan BUMN di Aceh.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada BNI 46 dan PT Surveyor Indonesia (Persero) yang telah menggelar acara yang disebutnya memberi multi manfaat bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. “Pertama ini untuk memperkokoh ukhuwah antara kita semua, menyehatkan sekaligus menjadi hiburan bagi masyarakat.”

“Pasar murah dan booth-booth pameran yang ada sini juga akan menghidupkan pedagang kecil pelaku usaha ekonomi kreatif Banda Aceh. Dengan ramainya pengunjung yang datang tentu akan berdampak pada penambahan omzet mereka,” katanya seraya mengajak BUMN yang lain untuk menggelar acara serupa di Banda Aceh.

Turut hadir pada rangkaian kegiatan “BUMN Hadir untuk Negeri” serta memeriahkan HUT ke-73 RI itu Wakil Direktur Utama BNI Herry Sidharta, Direktur Surveyor Indonesia Rosmanidar Zulkifli, dan Wakapolda Aceh Brigjen Pol Supriyanto Tarah.

The post Aminullah Dukung BUMN Berinvestasi di Banda Aceh appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

[Video] Plt Gubernur Aceh hadiri Renungan Suci

Senin, 20 Agustus 2018

Humas Aceh |20 Agt 2018 

Plt Gubernur Aceh hadiri Renungan Suci

The post [Video] Plt Gubernur Aceh hadiri Renungan Suci appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

[Video] Karnaval Kemerdekaan RI ke 73 meriah

Senin, 20 Agustus 2018

Humas Aceh |20 Agt 2018 

Karnaval Kemerdekaan RI ke 73 meriah

The post [Video] Karnaval Kemerdekaan RI ke 73 meriah appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

Plt Gubernur Sambut Kedatangan Guru Berprestasi

Senin, 20 Agustus 2018

Humas Aceh |20 Agt 2018 

Banda Aceh – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah, meyambut kedatangan rombongan kontingen Guru dan Tenaga Kepengajaran Berprestasi Aceh, di ruang VIP Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Minggu (19/8/2018) malam. Mereka merupakan guru yang berhasil merebut juara 3 nasional pada Lomba GTK Nasional di Jakarta.

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyambut kepulangan Tim Guru Berprestasi di Bandara Sultan Iskandar Muda, Minggu19 Agustus 2018

“Selamat. Ini adalah sebuah prestasi yang tidak biasa dan patut dibanggakan. Saya yakin, bapak dan ibu sekalian tentu melewati banyak perjuangan untuk sampai di tahap ini,” kata Nova.

Meberhasilan itu, kata Nova, menghadirkan kewajiban yang lebih besar yaitu bagaimana memajukan pendidikan Aceh, mengingat rapor Aceh di bidang pendidikan masih belum baik.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Gubernur mengingatkan agar prestasi yang telah diraih ini tidak hanya menjadi pigura-pigura penghias rumah. Peran mereka, kata Nova, sangat besar dalam upaya memperbaiki rangking pendidikan Aceh saat ini.

“Prestasi ini harus dijadikan sebagai energi untuk berbuat lebih baik bagi dunia pendidikan Aceh di masa mendatang,” kata Nova.

Nova Iriansyah berharap, meningkatnya kompetensi guru tersebut akan berimbas pada meningkatnya prestasi peserta didik, salah satunya tentu hasil Ujian Akhir Nasional.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Saridin, dalam laporannya menjelaskan, tahun ini sebanyak 25 GTK berprestasi Aceh dikirim untuk mengikuti seleksi nasional di Jakarta. Dari jumlah tersebut, sebanyak 9 orang berhasil meraih predikat terbaik nasional, bahkan 6 orang di antaranya meraih predikat terbaik pertama.

“Ini merupakan suatu prestasi yang sangat baik dalam upaya kita mewujudkan pendidikan Aceh yang lebih baik dan berkualitas demi mendukung mewujudkan Aceh Hebat melalui program Aceh Carong. Meraih predikat terbaik pertama pada 6 kategori merupakan prestasi yang sangat membanggakan karena sebelum ini, Aceh belum pernah juara pada 1 kaategori pun,” kata Saridin.

Pemerintah Aceh telah menjanjikan sejumlah bonus kepada para GTK berprestasi yang telah menghantarkan Aceh sebagai juara 3 nasional, salah satunya adalah umrah gratis.

Berikut ini adalah nama-nama GTK Berprestasi yang berhasil meraih predikat terbaik pertama; Fadhillah, Juara 1 Tenaga Perpustakaan SMP (SMP 6 Banda Aceh), Muarif, Juara 1 Kepala Administrasi SMP (SMP IT Al-Fityan), Mukhlis, Juara 1 Pengawas Sekolah Dasar (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh), Evi Erviana, Juara 1 Laboran SMA (SMA 2 Unggul Ali Hasmy), Raisul Akbar, Juara 1 SMA/SMK Berdedikasi (SMAN 2 Pulo Aceh) dan Sri Wahyuni, Juara 1 Guru TK Berdedikasi 3T (TK Pertiwi Kota Sabang).

The post Plt Gubernur Sambut Kedatangan Guru Berprestasi appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

[Video] Pemerintah Aceh Gelar Tamu Ramah Dengan Veteran dan Keluarga Pahlawan

Senin, 20 Agustus 2018

Humas Aceh |20 Agt 2018 

Pemerintah Aceh Gelar Tamu Ramah Dengan Veteran dan Keluarga Pahlawan

The post [Video] Pemerintah Aceh Gelar Tamu Ramah Dengan Veteran dan Keluarga Pahlawan appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

Plh Sekda Sambut Peserta Pawai di Panggung Kehormatan

Sabtu, 18 Agustus 2018

Humas Aceh |18 Agt 2018 

Banda Aceh – Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah, didampingi Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman serta sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh menyambut peserta Pawai Alegoris dan Pawai Mobil Hias dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun RI ke-73, di depan Meuligoe Gubernur Aceh, Sabtu (18/8/2018) pagi.

Plh Sekda Aceh, dr. Takwalah menyambut kedatangan peserta karnaval memperingati 73 Tahun kemerdekaan RI di depan Pendopo Gubernur Aceh, Banda Aceh, 18/8/2018

Sesekali, Pria yang juga menjabat sebagai Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh itu melambaikan tangan bahkan memberi bingkisan sebagai bentuk apresiasi jika ada rombongan yang atraktif, inovatif dan kreatif saat mengikuti Pawai Alegoris.

Tahun ini, lebih dari dua ratus tim yang berasal dari sejumlah sekolah tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas mengikuti Pawai Alegoris. Sementara itu, pawai mobil hias diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari SKPA dan BUMN yang ada di Aceh.

Peserta pawai jalan kaki memulai perjalanan dari Lapangan Blang Padang, melintasi Meuligoe Gubernur Aceh, selanjutnya menuju ke Simpang Lima-pasar Peunayong-simpang Keudah-simpang Bank BNI dan kembali ke Lapangan Blang Padang sebagai titik akhir perjalanan.

Sedangkan Pawai mobil hias menempuh rute lebih jauh. Memulai perjalanan dari Lapangan Blang Padang-Meuligoe Gubernur Aceh-simpang Kodim 0101/BS-simpang Lima-simpang Jamboe Tape-simpang Mesra-kembali ke Blang Padang.

The post Plh Sekda Sambut Peserta Pawai di Panggung Kehormatan appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

Pemerintah Aceh Silaturrahmi dengan Keluarga Pahlawan

Sabtu, 18 Agustus 2018

Humas Aceh |18 Agt 2018 

Banda Aceh — Memperingati 73 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Aceh menggelar silaturahmi dengan para veteran, keluarga dan ahli waris para pahlawan, di Anjong Mon Mata Banda Aceh, Jumat 17 Agustus 2018. Hadir dalam silaturrahmi itu Forkopimda Aceh, para Kepala SKPA dan Anggota DPR Aceh.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menyerahkan cenderamata kepada keluarga pahlawan dalam rangka memperingati 73 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, di Anjong Mon Mata Banda Aceh, Jumat 17 Agustus 2018.

“Pertemuan ini semakin mempererat jalinan silaturrahmi kita, sehingga spirit
perjuangan pahlawan di masa lalu menjadi teladan bagi kehidupan kita sehari-hari,” kata Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Nova mengatakan, momen penting dalam setiap peringatan kemerdekaan adalah bagaimana merenungkan kegigihan para pejuang saat mempertahankan kedaulatan Indonesia. Perjuangan tersebut juga dilakukan di Daerah Aceh, di mana ketika sebagian wilayah Indonesia sudah dikuasai pasukan Belanda, Aceh adalah satu-satunya benteng pertahanan yang menegaskan bahwa Indonesia masih ada.

“Fakta ini menunjukkan betapa tingginya marwah nenek moyang kita yang tidak rela tanah airnya dikuasai penjajah,” kata Nova. Apalagi, sejarah mencatat tidak ada sejengkal pun tanah Aceh yang aman bagi penjajah. Bagi para pahlawan, mati syahid adalah pilihan terbaik ketimbang menyerah, sebab mereka percaya, kecintaan kepada Tanah Air merupakan bahagian dari iman dan jihad.”

Namun demikian, pada kondisi sekarang ini, kata Nova. semangat kepahlawanan sejatinya adalah ketika mampu memberi kekuatan untuk menyelesaikan beragam masalah yang ada seperti bagaimana menangani masalah kemiskinan, kebodohan, pengangguran, pencemaran lingkungan, korupsi, dan berbagai kasus yang mengancam pudarnya nasionalisme Indonesia.

Tujuannya, tambah Nova, tidak lain agar semangat para pahlawan itu dapat terus dilanjutkan.

“Peringatan kemerdekaan ini sejatinya membakar semangat kita untuk bersatu padu agar dapat menyelesaikan kompleksitas masalah di masyarakat sebagaimana gigihnya perjuangan para pahlawan di masa lalu,” ujar Nova.

Nova berharap, lewat silaturrahmi dengan veteran, keluarga dan ahli waris para pahlawan spirit perjuangan para pahlawan itu dapat melekat pada diri setiap masyarakat agar dapat tampil sebagai bangsa yang pekerja keras, pantang menyerah dan siap memberikan yang terbaik bagi kelangsungan hidup anak cucu ke depan.

“Kami berharap Bapak/Ibu para veteran dan keluarga para pahlawan berkenan memberi dukungan kepada kami dalam meneguhkan kembali spirit kepahlawanan di hati setiap masyarakat Aceh,” kata Nova.

Dukungan itu, tentunya akan memperkuat semangat seluruh masyarakat Aceh untuk bersatu padu membangun Aceh, sehingga kita dapat berkontribusi maksimal bagi pembangunan nasional.

Sementara AR. Juli, salah seorang veteran perjuangan meminta kepada pemerintah Aceh dan Wali Nanggroe sebagai salah satu pemangku adat di Aceh, untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. Mantan Prajurit Kompi Istimewa Bireun itu mengajatan Spirit kemerdekaan harus dijadikan modal menjaga kesatuan bangsa.

Selain itu, AR Juli yang lahir tahun 1928, meminta agar pemrintah membangun monumen perjuangan di Bireun. Kabupaten itu, diketahui pernah menjadi tempat singgahan presiden pertama Indonesia, Soekarno. Ia juga meminta agar Bireun dijadikan sebagai kota perjuangan.

AR. Juli mewakili para veteran, juga mengusulkan agar Kolonel Husen Yusuf dijadikan sebagai pahlawan nasional.

Nova Iriansyah mengamini permintaan AR. Juli. Permintaan veteran itu, kata Nova, patut diwujudkan. Terkait permintaan menjadikan Husen Yusuf sebagai pahlawan nasional, pemerintah Aceh kata Nova, juga akan segera mengusulkannya kepada pemerintah pusat.

The post Pemerintah Aceh Silaturrahmi dengan Keluarga Pahlawan appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.

[Video] Peringatan Kemerdekaan Indonesia di Aceh Berlangsung Khidmat

Sabtu, 18 Agustus 2018

Humas Aceh |18 Agt 2018 

Peringatan Kemerdekaan Indonesia di Aceh Berlangsung Khidmat

The post [Video] Peringatan Kemerdekaan Indonesia di Aceh Berlangsung Khidmat appeared first on BIRO HUMAS DAN PROTOKOL PEMERINTAH ACEH.