Welcome to Official Website Regency of Nagan Raya Thanks For Your Visit

GUBERNUR ACEH BUKA PELATIHAN TAKMIR MESJID SE ACEH

Kategori : Agama Senin, 18 April 2016 - Oleh adminweb

Suka makmue- Gubernur Aceh dr.H Zaini Abdullah yang diwakili oleh Kepala Kantor Badan Daya Aceh DR Bustami Usman, Msi minggu (17/04) resmi membuka kegiatan pelatihan Takmir Mesjid se Aceh. Kegiatan tersebut berlangsung di Mesjid Al-Mukminun Gampong Sawang Manee kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya.


Dalam kegiatan tersebut Gubernur Aceh yang diwakili oleh DR Bustami Usman, Msi juga menyerahkan bantuan sarana ibadah untuk Mesjid besar dan Mesjid jamik dalam Kabupaten Nagan Raya berupa kipas angin ukuran besar, jam digital penunjuk waktu shalat, buku hasil muzakarah ulama Aceh, serta buku-buku dan kitab untuk Perpustakaan Mesjid.


Gubernur Aceh dr,H Zaini Abdullah melalui Kepala Kantor Badan Dayah Aceh DR Bustami Usman Msi dalam sambutannya mengatakan, tujuan dilakukan pelatihan Takmir Mesjid se Aceh untuk memakmurkan Mesjid, pasalnya keberadaan Mesjid dan Meunasah di Aceh sudah menjadi bagian yang melekat dengan segala aspek kehidupan masyarakat Aceh. Mesjid tidak hanya menjadi tempat shalat semata, namun juga menjadi tempat bersosialiosasi, membangun Ukhuwah dengan sesama anggota masyarakat lainnya.


Selain itu, Mesjid juga merupakan pusat pengembangan Ilmu pengetahuan agama dengan diadakan kajian-kajian, ceramah dan sebagainya, pasalnya Mesjid dan Meunasah memiliki posisi sentral di masyarakat. Menurut DR Bustami Usman, Msi, sejak tahun 2012-2015 Pemerintah Aceh telah mengalokasikan dana untuk pembangunan Mesjid, Meunasah dah juga Dayah di Aceh antara lain, 1.238 Mesjid, 1.363 Meunasah serta 247 Dayah.


Bupati Nagan Raya Drs.H.T Zulkarnaini yang diwakili Sekdakab Drs.H.T Zamzami, Ts, MM dalam sambutannya berharap, agar di Kabupaten Nagan Raya dapat membantu pembangunan Mesjid-Mesjid besar melalui anggaran APBA, pasalnya Kabupaten Nagan Raya masih keterbatasan dana yang dimiliki oleh Kabupaten setempat. Meskipun keterbatasan financial, semnagat pemkab Nagan Raya serta masyarakat untuk membangun Syiar Agama Islam tetap di kedepankan, apalagi Kabupaten setempat telah menetapkan penegakkan Syariat Islam secara Kaffah di pilar pertama.


Selain itu H.T Zamzami juga mengatakan dengan pelatihan Takmir Mesjid se Aceh yang dipusatkan di Nagan Raya, dapat meningkatkan kualitas sumber daya Takmir Mesjid serta dapat terealisasi seperti saat Nabi dan para sahabatnya menjadikan Mesjid sebagai Media dalam meningkatkan kualitas Iman dan Amal seseorang sehingga menjadi Insan Kamil.