Welcome to Official Website Regency of Nagan Raya Thanks For Your Visit

IBU GUBERNUR BERI BANTUAN PADA PERAJIN RAJUT DI NAGAN

Kategori : Ekonomi Kamis, 08 September 2016 - Oleh adminweb

SUKA MAKMUE- Ibu Gubernur Provinsi Aceh Hj. Niazah A. Hamid sekaligus ketua TP PKK dan Dekranasda Aceh kamis (08/09) melakukan penilaian Desa kerajinan serta menyerahkan bantuan berupa peralatan untuk mendukung perajin rajutan terhadap kelompok kerajinan tangan Keude Linteung.

Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Keuchik setempat Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya. Turut hadir dalam kegaiatan tersebut, Kadisperindagkop Provinsi, Wakil ketua Dekranasda Aceh Hj. Marlina Usman, pengurus TP PKK dan Dekranasda Nagan Raya, unsur muspika Seunagan Timur, ketua dan pengurus TP PKK gampong serta perajin rajut dalam Kecamatan setempat.

Ketua Dekranasda Nagan Raya Hj. Kelimah, S. Sos melalui ketua harian III Hj. Cut Maneh dalam laporannya mengatakan, untuk tahun 2014 dan 2015 Dekranasda Aceh telah memberikan bantuan untuk perajin rotan di Gampong Cot Gud Kecamatan Seunagan Timur, sedangkan untuk tahun 2016 Dekranasda Aceh kembali memberikan bantuan untuk perajin rajut Gampong Keude Linteung, dan ini merupakan bantuan yang sangat bermanfaat, pasalnya kemajuan teknologi semakin berkembang pesat, sehingga terjadi perubahan setiap sektor kehidupan masyarakat sebagai akibat pesatnya kemajuan serta perkembangan iptek.

Selain itu Hj. Cut Maneh menambahkan, tahun 2015 Dekranasda Nagan Raya telah melakukan magang perajin bordir ke Provinsi Yogyakarta untuk mendapatkan ketrampilan yang bermutu dan desain produk yang baik, sehingga dalam melakukan pemasaran kerajinan tangan tersebut, dapat diminati oleh masyarakat Aceh maupun diluar Aceh. Dan ianya juga berharap kepada Dekranasda Aceh, karajinan tangan Kabupaten Nagan Raya tidak sebatas penilaian dan memberikan bantuan, namun mencakup pedampingan dan fasilitas baik berupa pelatihan serta promosi perdampingan berwirausaha.

Ketua Dekranasda Aceh Hj. Niazah A. Hamid dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Nagan Raya menurutnya semakin banyak tumbuh perajin yang memproduksi berbagai aneka kreativitas dalam masyarakat, dan salah satunya kerajinan rajutan yang semakin terkenal dalam produk pemasaran. Dan munculnya kerajinan rakyat tersebut tidak lepas dari pembinaan terpadu yang dilakukan oleh TP PKK dan Dekranasda Kabupaten setempat.

Hj. Niazah atau sapaan akrab Umi memberikan apresiasi atas pembinaan yang telah di rintis tersebut dan terus ditingkatkan sehingga pusat kerajinan semakin tumbuh dan berkembang di Kabupaten Nagan Raya. Dan Dekranasda Aceh akan terus berupaya melakukan pembinaan terpadu terhadap perajin di Nagan Raya,sehingga kualitas produksinya terus meningkat dan pasarnya semakin terbuka.