Welcome to Official Website Regency of Nagan Raya Thanks For Your Visit

KABUPATEN NAGAN RAYA MELAKSANAKAN UPACARA PERINGATAN HUT RI KE-72 DENGAN KHIDMAT

Kategori : Pemerintahan Kamis, 17 Agustus 2017 - Oleh adminweb

SUKA MAKMUE- Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 72 di Kabupaten Nagan Raya berlangsung dengan khidmat dan dirayakan dengan semarak kemeriahan. Berbagai atraksi di peragakan dalam peringatan tersebut, di antaranya yang menarik ialah aksi teatrikal drama sebelum dimulainya Upacara dengan tema “Sejarah Berkibarnya Sang Saka Merah Putih Di Tanah Aceh Barat Selatan Tepatnya Seunagan” yang di tampilkan oleh siswa(i) dari SMA Negeri 1 Beutong. sehingga peringatan HUT RI di Kabupaten Nagan Raya yang di selenggarakan di alun- alun Suka Makmue Taman Dzulkrnaini berlangsung dengan semarak kemeriahan.

Pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 72 tersebut dihadiri oleh Drs. H. T. Zulkarnaini selaku Inspektur Upacara, Kapten Inf. Mahfud (Pasipres Dim 0116/Nara) selaku Perwira Upacara dan Ipda Evizar Rianto (Polres Nara) Selaku Komandan Upacara. Dan juga Anggota Tni Kodim 0116/NARA, Kompi D Yonif 115/Ml,Kompi B Yonif 116/ Gs, Anggota Polisi Polres Nagan Raya, Anggota Brimob Kompi Senapan C, Satpol PP/WH Nagan Raya, Polhut Nagan raya, Hansip/Linmas Nagan Raya, seluruh ASN ruang lingkup Pemda Nagan Raya, Geuchik Aparat Gampong, Kalangan Pendidikan, Guru-Guru, Tenaga Medis dan Penurunan Medis, OKP/Ormas, Mahasiswa, siswa(i) SMA/MAN, siswa(i) SMP/Mtsn, siswa(i) SD/MIN dan masyarakat umum selaku kesatuan upacara penaikan dan penurunan bendera.

Pada Upacara tersebut Inspektur Upacara yang merupakan Bupati Nagan Raya Drs. H. T. Zulakrnaini menyampaikan Dalam peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke -72 ini pemerintah mengangkat tema “KERJA BERSAMA” meski sederhana namun tema ini punya makna mendalam. Yang mengandung dorongan kepada kita semua terutama generasi muda untuk berperan aktif secara bersama-sama dengan dilandasi semangat gotong–royong mengisi kemerdekan dengan berbagai pembangunan dalm rangka memajukan daerah, bangsa dan Negara kearah yang lebih baik.

Kabupaten Nagan Raya saat ini telah berusia 15 tahun, tidak lama lagi kami akan berakhir masa jabatan sebagai bupati dan wakil bupati terpilih, kami sadari belum sepenuhnya dapat memenuhi hajat hidup masyarakat Nagan Raya, dengan kemampuan yang kami miliki dan dukungan penuh dari semua aparatur pemerintahan serta partisipasi dari setiap komponan masyarakat, bersama kita telah membangun kabupaten Nagan Raya, pembangunan fisik serta pembangunan mental spiritual.

Lebih lanjut lagi, Kalau kita melihat kilas balik sejak kami dilantik dalam perjalanan mengemban tugas dan amanah rakyat memimpin roda pemerintahan kabupaten Nagan Raya, sedikit kami sampaikan berbagai hal dan program yang telah kami upayakan. Pada tahun pertama terbentuknya kabupaten Nagan Raya tahun 2002, pada saat itu kita belum memiliki anggaran yang memadai untuk mendanai berbagai kegiatan pemerintahan dan pembangunan. Selanjutnya pada tahun 2003 baru mulai tersedianya dana dalam APBK kabupaten Nagan Raya sebesar Rp. 119.356.660.795 (Seratus Sembilan Belas Milyar Tiga Ratus Lima Puluh Enam Juta Enam Ratus Enam Puluh Ribu Tujuh Ratus Sembilan Puluh Lima Rupiah).

Dengan anggaran yang sangat terbatas tersebut Pemerintah Kabupaten Nagan Raya pada saat itu mulai merancang berbagai konsep dan program pembangunan. Diantaranya program pembangunan infrasruktur perkantoran,pembangunan sarana pendidikan dan kesehatan,program sarana dan prasarana pertanian dan peternakan,pembangunan sektor perikanan dan kelautan,dan semua program tersebut untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masayarakat Kabupaten Nagan Raya yang mengacu pada 6 pilar program pembangunan kabupaten setempat.

Keberhasilan dalam melaksanakan berbagai konsep dan program tersebut serta dari pertumbuhan ekonomi masyarakat yang semakin membaik,hal tersebut dapat di ukur dari peningkatan PDRB perkapita kabupaten Nagan Raya lima tahun terakhir, dimana pada tahun 2011 yang hanya Rp. 4.872.705,500.000 (Empat Triliun Delapan Ratus Tujuh Puluh Dua Milyar Tujuhb Ratus Lima Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) dan terus meningkat setiap tahun menjadi Rp. 5.802.030,600.000 (Lima Triliun Delapan Ratus Dua Milyar Tiga Puluh Juta Enam Ratus Ribu Rupiah) pada tahun terakhir dan kita harapkan akan terus mengalami peningkatan pada tahun-tahun yang akan datang.

Selain itu HT Zulkarnaini juga menambahkan,meskipun Kabupaten Nagan Raya masih relative muda dan baru berusia 15 tahun,pelan tapi pasti Nagan Raya sekarang sudah mampu berdiri dan mensejajarkan diri dengan kabupaten lain yang ada di Aceh,hal tersebut dapat dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang di raih,diantaranya opini WTP yang ke 9 kali secara berturut turut dari BPK-RI Perwakilan Aceh sejak tahun 2008-2016 atas pengelolaan keuangan daerah yang baik, hal tersebut merupakan bukti nyata kerja keras serta keseriusan dalam membangun Kabupaten Nagan Raya. Dan hanya kabupaten Nagan Raya bersama kota banda aceh yang berhasil memperoleh WTP Sembilan kali berturut-turut diantara 23 kabupaten/kota di aceh.

Dalam kesempatan Momentum HUT RI ke 72 tersebut, Bupati Nagan Raya juga menyampaikan bahwa saat ini merupakan penghujung tugas mengemban amanah sebagai bupati dan wakil bupati Nagan Raya periode 2012-2017. tidak lama lagi kabupaten Nagan Raya akan mempunyai bupati/wakil bupati yang baru sebagai pemegang estafet kepemimpinan pemerintahan kedepan, harapan kami semoga pimpinan kabupaten Nagan Raya kedepan dapat mewujudkan kesinambungan pembangunan dalam mencapai kemakmuran yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang.