Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Visi

  1. Tertib administrasi kependudukan dengan pelayanan prima menuju penduduk berkualitas
  2. Terciptanya data kependudukan dan catatan sipil yang akurat dan actual dalam rangka terwujudnya jaringan informasi dan sebagai tolak ukur perencanaan pembangunan kedepan

Misi

Untuk mewujudkan pelayanan yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan penduduk maka dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten nagan raya menetapkan misi

  1. Mengembangkan dan memadukan kebijaksanaan pengolahan informasi kependudukan hasil pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil sehingga mampu menyediakan data dan informasi kependudukan secara lengkap akurat dan memenuhi kepentingan public dan pembangunan
  2. Peningkatan mutu data base kependudukan dan catatan sipil nagan raya model SIAK
  3. Meningkatkan kulaitas pelayanan prima
  4. Mewujudkan administrasi kependudukan yang berkualitas
  5. Meningkatkan kualitas data dan informasi kependudukan
  6. Memberikan pelayanan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil secara sepat dan akurat
  7. Mendorong peran serta masyarakat dalam pembangunan daerah

 

Tugas Pokok dan Fungsi

Dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten nagan raya mempunyai tugas melaksanakan kewenangan otonomi daerah dalam rangka pelaksanaan tugas desentralisasi dan tugas pembantuan, meliputi perumusan kebijaksanaan teknis dan pelaksanaan program kerja dibidang registrasi registrasi kependudukan, akta catatan sipil serta melakukan evaluasi dalam pengendalian pelaksanaannya untuk melaksanakan tugas sebagai mana dimaksud, dinas kependudukan dan pencatatan sipil daerah kabupaten nagan raya menyelenggarakan fungsi

  1. Pelaksanaan urusan ketatausahaan dan rumah tangga dinas
  2. Penyusunan program tahunan, jangka menengah dan jangka panjang
  3. Pelaksanaan penyiapan rancangan peraturan dan produk hukum dibidang kependudukan dan pencatatan sipil
  4. Pelaksanaan penyiapan rancangan peraturan dan produk hukum dibidang kependudukan dan pencatatan sipil
  5. Penyelenggaraan admitrasi kependudukan dan penyebaran informasi dibidang kependudukan dan pencatatan sipil
  6. Pelaksanaan fasilitas pelatihan dan peningkatan sumber daya manusia dibidang kependudukan dan pencatatan sipil
  7. Pelaksanaan pemantauan, evaluasi dan pelaporan dibidang kependudukan dan pencatatan sipil
  8. Pelaksanaan koordinasi dengan instansi dan atau lembaga terkait lainnya dibidang kependudukan dan pencatatan sipil
  9. Ppembinaan UPTD, dan
  10. Pelaksanaan tugas – tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.